Pesta Rakyat Jenu, Jemari Expo 2022

  • by

Kecamatan tempat kantor Inpro Energi berdomisili ini tergolong istimewa. Lebih khusus lagi di desanya, Beji, Kecamatan Jenu, Tuban. Sebelumnya kecamatan Jenu sudah viral di berbagai portal berita tentang fenomena beberapa warganya yang mendadak menjadi miliarder. Dampak adanya pembebasan lahan warga yang diperuntukkan pembangunan kilang Pertamina.

Namun sebutan istimewa kali ini bukan merujuk pada beberapa warga yang viral karena secara “berjamaah” membeli mobil baru tersebut. Saya memberi label istimewa untuk kecamatan Jenu ini karena kekompakan dan kreatifitas masyarakatnya. Mereka acapkali memunculkan ide yang berujung sebuah kegiatan yang menarik, berkelas, serta memberi dampak maslahat bagi masyarakat kebanyakan.

Terbaru, Jenu menggelar sebuah pagelaran yang anti mainstream. Dengan judul Jenu Mangerteni, Jemari Expo 2022. Acara ini terbilang sangat sukses. Diselenggakan selama tiga hari, pada tanggal 1 sampai 3 Oktober 2022 bertempat di lapangan Desa Beji.

Agenda yang digelar pun terbilang unik. Dari yang kekinian seperti pentas seni dan budaya, pameran produk unggulan  desa dan UMKM, Carnival Fashion Show, perform band, sampai dengan agenda yang mengangkat nilai kearifan lokal seperti hadrah, tongklek, serta tari dan pencak silat. Yang paling luar biasa bagi saya adalah agenda festifal bakar ikan, tercatat peserta agenda ini berjumlah lebih dari 729 pembakar ikan di kecamatan Jenu. Spesialnya, para pengunjung bisa menikmati santap ikan bakar secara gratis. Luar biasa bukan?

Inpro Energi pun tak ingin ketinggalan dengan semaraknya agenda pesta rakyat ini. Sebagai salah satu perusahaan yang juga merupakan stakeholder bagi kecamatan Jenu. Inpro Energi melaui PT. Inovasi Proteksi Energi turut berpartisipasi di pesta rakyat ini melalui mekanisme sponsorship. Bersama dengan beberapa perusahaan BUMN, Inpro Energi turut mendukung untuk terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses.


(Foto Bersama Bupati Tuban)

Saya dan beberapa insan Inpro Energi lainnya pun berkesempatan untuk hadir dan memeriahkan acara. Dengan undangan khusus dari panitia, kami mendapat tempat duduk eksklusif bersama dengan Bupati Tuban, Camat Jenu, para pimpinan BUMN, serta seluruh kepala desa di wilayah Jenu Raya. Sehingga dapat dengan jelas menyaksikan dan menikmati serangkaian seremony pembukaan yang meriah luar biasa.

Seketika kekaguman membuncah dihati, saat melihat Set Up panggung yang begitu mewah terpampang didepan saya. Selang sedikit waktu, Bupati Tuban hadir dengan diikuti rombongan carnaval fashion show. Ketakjuban saya semakin menjadi, fashion show yang diprakarsai perkumpulan para perias pernikahan sekecamatan Jenu ini, menampilkan pertujukan catwalk yang luar biasa. Kostum yang diperagakan serta model yang membawakannya benar-benar berkelas.

Saya kira acara pembukaan ini akan selesai dengan dibukanya  kegiatan secara simbolis oleh Bupati Tuban. Namun dugaan saya meleset. Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky yang memang terkenal dengan image milenialnya, ikut melakukan improvisasi dengan mengundang seluruh kepala desa sekecamatan Jenu untuk bernyanyi Bersama. Dengan lagu yang lagi hits Ojo Dibandingke, olah vokal Mas Bupati mampu menghipnotis para masyarakat yang hadir untuk bersama-sama bernyanyi dan memeriahkan acara.

Malam yang luar biasa, saya pun mengakhiri kehadiran malam itu dengan jamuan makan di rumah kepala desa Beji, Bapak Zainul Arifin. Suasana hangat dan kekeluargaan sangat terasa dalam jamuan makan ini, dipungkasi dengan foto Bersama Mas Bupati.

Euforia terhadap acara ini benar-benar saya rasakan. Secara emosional, kegiatan pesta rakyat Jenu ini membangkitkan gairah dalam berbangsa dan bernegara. Bahwa sebenarnya bangsa ini besar, serta mampu untuk bangkit dari keadaan terpuruk paska pandemi. Keyakinan untuk bangkit lebih cepat, pulih lebih kuat yang dicanangkan pemerintah semakin menyeruak setelah saya membersamai acara pesta rakyat Jenu ini.

Maka tidak berlebihan kalau acara yang digawangi oleh para pemuda Karang Taruna dan civitas Bumdesma Jenu Raya ini saya menyebutnya, acara kecamatan yang berlevel nasional. Berkelas.

Bagus Wijanarto

Direktur Utama PT. Inovasi Proteksi Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *